Rute Kirab Cap Go Meh Yang Akan Meriahkan Kota Bandung

Ini Rute Kirab Cap Go Meh yang Akan Meriahkan Bandung Akhir Pekan Ini

Vihara Dharma Ramsi akan melaksanakan kegiatan Kirab Cap Go Meh pada Sabtu (18/2/2017). Pelaksanaan kirab kali ini akan diikuti sebanyak 30 peserta dari Kota Bandung dan wilayah lainnya di Jawa Barat.

Ketua Panitia Kirab Cap Go Meh Vihara Dharma Ramsi, Budi Hartono, mengungkapkan bahwa pelaksanaan kirab ini memang telah menjadi agenda rutin tiap tahunnya dari Vihara Dharma Ramsi. Tetapi, untuk pelaksanaan kirab kali ini, Budi mengaku memiliki waktu persiapan yang sangat terbatas, sehingga tidak dapat mengundang banyak peserta, terutama dari wilayah luar pulau atau provinsi.

“Kami mohon dukungan kepada muspida dan muspika setempat, serta pihak-pihak dan warga masyarakat guna mendukung pelaksanaan kirab hari Sabtu,” kata Budi saat ditemui Tribun di Vihara Dharma Ramsi, Kamis (16/2/2017)

Adapun pelaksanaan Kirab Cap Go Meh nanti mulai pukul 13.00 Wib hingga 16.00 Wib, dengan rute yang akan dilalui peserta kirab, di antaranya Jalan Cibadak, Jalan Astanaanyar, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kelenteng, Jalan Kebonjati, Jalan Ottoiskandar Dinata (Otista), kembali ke Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Astanaanyar, dan Jalan Cibadak.

“Titik kumpul di vihara (Dharma Ramsi, Red). Kami juga selaku panitia, mohon maaf jika selama kegiatan perjalanan warga menjadi terganggu,” ucapnya seraya menjelaskan maksud dari diadakannya perayaan kirab ini, agar Kota Bandung menjadi tentram, aman, dan sejahtera.

Berdasarkan pantauan Tribun, sejumlah panitia pun tengah menyiapkan dan menghias joli dan tandu yang akan dipergunakan untuk perayaan kirab, yang pada saat waktunya diarak melewati jalur-jalur yang telah ditentukan. Budi pun menegaskan, bahwa panitia telah siap dari segi persiapan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas diizinkannya kegiatan Kirab Cap Go Meh.

“Kami sudah siap semua (persiapan, Red). Terima kasih pada seluruh instansi Kota Bandung dan warga Bandung, atas dukungan yang sangat baik pada acara kami, sehingga semoga Kota Bandung menjadi kota toleransi umat beragama,” jelasnya.

Dalam kegiatan kirab di hari Sabtu, Budi menyebut, akan ada sekitar 10 liong dan 50 barongsai yang hadir meramaikan kirab. Selain itu, sebanyak 15 joli dan 15 tandu akan dibawa para peserta dalam mengarak melewati rute-rute yang telah dibuatkan.

Sementara itu, perbedaan pelaksanaan Kirab Cap Go Meh tahun ini dengan tahun sebelumnya, kata Budi, hanya terletak pada jalinan silaturahim yang tidak mencapai luar kota atau luar pulau, sehingga dirinya meminta maaf kepada para tamu-tamu undangan yang biasa meramaikan perayaan Kirab Cap Go Meh di Kota Bandung.

“Kami mohon maaf bukan kami tidak mengundang, tapi keterbatasan waktu panitia usai lakukan ritual yang mendadak, lagipula kami pun tidak dapat asal-asalan dalam melangsungkan Cap Go Meh, karena ada aturan bulan, tanggal dan batasan waktunya. Setidaknya hingga 25 Februari masih dalam nuansa Cap Go,” jelas dia dengan menyebut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo akan hadir dalam kirab nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s