Pemkot Bandung Bangun Rumah Deret di Kawasan Tamansari

PEMKOT Bandung akan merealisasikan pembangunan rumah deret di Tamansari pada 2017. Alokasi anggaran yang dipersiapkan sebesar Rp 120 miliar untuk konstruksi bangunan di atas lahan seluas 7.945 m2 tersebut.

“Terdapat sekitar 150 kepala keluarga (KK) yang eksisting, ketika pembangunan mereka akan dipindahkan terlebih dahulu ke tempat relokasi. Penganggaran sendiri sudah direncanakan sejak lama dan sudah tuntas,” ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Prasarana Sarana Utilitas Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Arief Prasetya di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukencana, Kota Bandung, Kamis (16/2).

Saat ini DPKP3 tengah mempersiapkan administrasi dan berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Karena untuk pemberian uang ganti rugi kepada warga tidak ada, karena selama ini mereka tinggal di atas lahan milik pemerintah.

“Untuk ganti rugi tidak ada, karena mereka berdiri di atas lahan milik pemerintah, tapi komunikasi tetap kita lakukan untuk menghindari kegaduhan. Setelah APBD ketok palu langsung running, kami harus bertemu warga,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, untuk tempat relokasi sendiri masih dicari lokasi yang tidak terlalu jauh. Dengan demikian, proses pemindahan akan lebih mudah dan tidak memberatkan warga.

“Kami berharap semoga Rancacili dapat segera diserahterimakan, karena itu dari APBN. Kemungkinan besar akan dimasukan ke sana untuk sementara waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Pemukiman Institut Teknologi Bandung (ITB), Haryo Winarso mengatakan agar ketika relokasi jangan sampai menimbulkan masalah baru. Dengan komunikasi yang baik akan menjadi kunci dalam mengikis sumber masalah.

Terlebih tempat relokasi sendiri tidak terlalu jauh sehingga aktifitas dari warga tetap berjalan tidak mengalami gangguan.

“Komunikasi harus terus berjalan dengan warga sehingga tidak menimbulkan masalah baru. Tempat relokasi jangan terlalu jauh, kalau ternyata jauh harus ada solusi agar aktivitas warga tetap berjalan baik seperti menyediakan bus,” tambahnya.

sumber:galamedianews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s