Pengerjaan Tol Soroja sempat Terkendala karena Pembatasan Waktu oleh Warga

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung, memfasilitasi agar pengerjaan pembangunan jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) bisa dilaksanakan selama 24 jam atau tiga ship.
Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pemantauan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR, Kornel M.T. Sihaloho mengatakan, selama ini di salah satu titik pengerjaan, warga membatasi agar pembangunan dilakukan hingga pukul 18.00 WIB.
“Mudah-mudahan, aparat kewilayah seperti Camat dan Kades bisa memfasilitasi itu. Kalau tidak 24 jam tidak sulit, tapi agar optimal pengerjaannya 24 jam. Kami tetap yakin bisa berfungsi saat pelaksanaan PON kalau semua bisa dikerjakan,” ujar Kornel di sela peninjauan lokasi Tol Soroja, Kamis (24/3/2016).
Menanggapi kondisi tersebut, Bupati Bandung, Dadang M. Naser menambahkan, pihaknya akan membantu pelaksana proyek untuk melobi warga sekitar proyek agar mengizinkan kontraktor proyek bekerja 24 jam.
“Warga harus dijelaskan agar pengerjaan yang dilakukan tidak mengganggu mereka yang sedang istirahat dan itu ada strateginya,” kata Dadang.
Mengenai masih adanya lahan yang belum dibebaskan, menurut Dadang, masih terus diproses dengan cara pendekatan hukum konsinyasi di pengadilan. Yang terpenting, mereka yang belum dibebaskan sudah ada kesepakatan untuk dibebaskan.
“Yang belum terbayarkan memang masih ada, tapi mereka intinya sudah setuju, tinggal melengkapi administrasi kelengkapan tanah dengan BPN,” ujarnya.
Dengan kata lain, dirinya sangat yakin Tol Soroja akan bisa digunakan untuk pelaksanaan opening dan closing ceremony PON XIX Jabar, yang akan dipusatkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringain.
“Karena ada 10 venue untuk 10 cabang yang akan dipertandingkan di Jalak Harupat. Termasuk open dan closing ceremony. Kami telah menerima SK dari PB PON bahwa pembukaan dan penutupan akan dilakukan di Jalak Harupat,” katanya.
Kuncinya, lanjut dia, kontraktor Tol Soroja harus fokus dengan pekerjaannya. Berdasarkan hasil pemantauannya langsung ke lapangan, Dadang menilai logis pemaparan yang disampaikan pihak kontraktor mengenai tahapan pekerjaan yang akan dilakukan.
“Minggu depan sudah mulai tiang pancang masuk untuk interchange. Pinggiran sungai Citarum pun sedang dikerjakan atau pekerjaan yang berat-beratnya sedang dikerjakan,” jelasnya.

Sumber:galamedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s