Sampah Sungai Cikapundung Kamis Besok Diangkat

Masalah sampah yang tersangkut di sungai Cikapundung blok Kampung Cijagra Desa/Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung terpecahkan. Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemkota Bandung dan Kabupaten Bandung dibantu TNI siap untuk mengangkat tumpukkan sampah tersebut. Kesemapakatan tersebut muncul ketika rapat pembahasan masalah sampah Cikapundung di ruang rapat Papandayan Gedung Sate Jalan Diponogoro Bandung, Rabu (23/3/2016).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan dihadiri oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang M Naser, Kepala BPLH (Badan Pengendalian Lingkungan Hidup) Provinsi Jawa Barat Anang, dan beberapa Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). 

Wagub mengatakan, untuk membenahi sampah tersebut selain struktural yang harus ditingkatkan, juga harus ada pembenahan kultur dari masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak kembali membuang sampah ke aliran sungai. 

“Sudah jelas hukumnya membuang sampah ke aliran sungai itu hukumnya haram,” kata dia.

Deddy menambahkan, penanganan jangka pendek harus segera dilakukan yaitu dengan memungut sampah dari sungai mulai hulu hingga ke hilir. “Rencannya kamis besok akan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat,” katanya. 

Sementara untuk jangka panjangnya kata Deddy, pemkot Bandung dan Kabupaten Bandung harus segera membuat RAM-IP (Rencana Aksi Multifungsi Implementasi), agar kebutuhan program bisa berjalan mulai provinsi dan ke daerah. 

Kemudian terkait jumlah produksi sampah Kota Bandung yang mencapai 1500 ton perhari hanya mampu terkangkut 1.200 ton perhari, dan sisanya sekitar 300 ton sampah perhari bisa diprediksi dibuang ke sungai dan dibakar oleh masyarakat. 

Dikatakan Deddy, sisa produksi sampah yang mencapai 300 ton tersebut yang menjadi masalah saat ini dan harus segera terselesaikan. “Bisa menambahkan armada pengangkut sampah atau memilih TPA (Tempat Pembuangan Akhir), karena kita nanti akan memiliki TPA Bojong Nangka yang bisa menjadi alternatif Kota Bandung membuang sampah,” ujarnya. 

Sumber:galamedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s