Aher Keluarkan Hukum Haram Bagi Pembuang Sampah Sembarangan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengeluarkan hukum haram bagi mereka yang membuang sampah sembarangan, terlebih lagi jika sampah tersebut mengotori air yang merupakan sumber kehidupan. ‎

Ahmad Heryawan di Bandung, Selasa (22/3/2016) mengatakan, saat ini nilai air dianggap sangat rendah dan banyak orang yang sudah mencemari air tanpa merasa bersalah, artinya orang tersebut sudah tidak menghargai air. 
“Ketika manusia membuang kotoran ternak ke air, membuang limbah ke sungai, membuang hajat ke sungai, artinya mereka tidak memahami nilai air, sehingga air kotor dimana-mana itulah yang terjadi saat ini,” ujar lelaki disapa Aher. 
Lanjut Aher, jika masyarakat sudah tidak paham dengan nilai air dan membuat kotor air, maka harga air bersih akan mahal, padahal jika air tidak kotor maka proses untuk siap pakai itu tidak akan mahal. 
“Coba dari awal jika nilai air dipahami betul oleh masyarakat niscaya tidak akan ada orang yang buang sampah ke sungai tidak akan ada limbah di sungai, sungai senantiasa akan tetap bersih,” katanya. 
Aher pun menyebutkan, banyaknya penyakit saat ini yang menyerang masyarakat itu bisa diakibatkan dari sumber air yang kotor.
“Jangan-jangan masyarakat menkonsumsi air kotor dan makanan tidak seteril, karena pada faktanya masih banyak masyarakat kita belum mengkonsumsi air bersih,” ucapnya. 
Aher memperkirakan, di Indonesia ada sekitar 30% warga yang belum mengkonsumsi air bersih, dan itu bukan angka kecil, oleh karena itu satu-satunya cara agar seluruh warga menghargai nilai air, dia menegaskan, dengan menghargai air maka air bersih ada dimana-mana. 
“Jika air bersih sudah ada dimana-mana maka dampaknya kesehatan bagi masyarakat,” tutur Aher.

Sumber:galamedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s