Kulit Kabel Ditemukan pula di Gorong-gorong Kota Bandung

Ibu Kota Jakarta sempat dihebohkan dengan penemuan sebanyak 12 truk “kulit kabel” yang menggunduk di dalam gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan. Siapa sangka, kasus serupa juga ditemukan di salah satu saluran air Jalan Astanaanyar, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.
Berdasarkan informasi serta pantauan di lapangan, kulit kabel berwarna merah dan hitam tersebut ditemukan oleh petugas unit reaksi cepat (URC) dari Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung pada Kamis (17/3/2016).
Camat Astanaanyar, Dadang Iriana mengaku cukup kaget dengan adanya temuan gulungan kulit kabel. Sehingga pihaknya menduga tumpukan sampah kulit kabel itu merupakan pemicu banjir cileuncang yang kerap melanda kawasan itu.
“Tadi pagi saya sempat lewat sana dam liat ada yang bebersih di gorong-gorong. Disana sih biasanya banjir, eh ternyata bener ada gulungan kabel disana,” ungkap Dadang kepada wartawan di kantornya, Kamis (16/3/2016).
Berdasarkan keterangan petugas yang menemukan, ucap dia, kulit kabel berdiameter 5 centimeter dengan panjang 3 – 5 meter itu ditemukan menggulung dan menyubat saluran air. Dari semua kulit kabel yang ditemukan sudah tidak terdapat tembaga di dalamnya.
Menurutnya gulungan kulit kabel ini merupakan ulah pemborong pengerjaan yang membuang sisa-sisa kabel di dalam gorong-gorong berkedalaman 1,5 meter dengan diameter 1 meter. Namun pihaknya belum bisa memastikan kulit kabel tersebut milik siapa.
“Saya menduga itu kelalaian pemborong, pemborong yang ingin cepat beres hasil pekerjaannya, terus dibuang di gorong-gorong,” katanya.
Menyusul adanya penemuan tersebut, ujar dia, pengawasan terhadap pemasangan kabel di gorong-gorong harus lebih diperketat. Bahkan pihaknya menduga temuan serupa juga bisa terjadi di lokasi lainnya.
Ia menyebut tak jarang pemborong tidak melakukan koordinasi dengan dinas terkait maupun kewilayahan adanya kegiatan pemasangan kabel. Apabila melaporkan, setidaknya dari kewilayah mengawasi proses pemasangan.
“Perlu ada pengawasan kewilayahan dengan DBMP. Saya sudah mengimbau secara lisan ketua RW dan RT memantau bilamana ada pemasangan kabel melalui gorong-gorong,” ujar dia.

Sumber:galamedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s