Balikkan Keadaan, Bayern Gulung Juventus 4-2

 Tuan rumah Bayern Muenchen yang sempat tertinggal lebih dulu berhasil membalikkan keadaan dan akhirnya menundukkan wakil Italia, Juventus, dengan skor 4-2 dalam laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Jerman, Kamis (17/3/2016) pagi WIB.Muenchen yang sempat tertinggal 0-2 dari Juventus di babak pertama sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2hingga waktu normal usai dan memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit, sebab skor agregat masih sama kuat 4-4.

Di babak tambahan kedua, dua gol yang dicetak para pemain pengganti Thiago Alcantara dan Kingsley Coman sukses mengantarkan tim besutan Pep Guardiola itu membalikkan keadaan dan akhirnya menundukkan Juventus 4-2 sekaligus memastikan tempat terakhir di fase perempat final.

Muenchen bergabung dengan tujuh tim lain yang sudah lebih dahulu melaju ke perempat final, yaitu Real Madrid, VfL Wolfsburg, Benfica, Paris Saint-Germain, Manchester City, Atletico Madrid dan Barcelona.

Juventus membuka keunggulan cepat lewat gol Paul Pogba pada saat laga baru berjalan lima menit, menyambar bola sapuan penjaga gawang Manuel Neuer yang berusaha menghalau upaya tusukan Stephan Lichsteiner.

Mereka kemudian memperbesar keunggulan menjadi 2-0 atas Muenchen setelah gol dari Juan Cuadrado memanfaatkan umpan Alvaro Morata. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Guardiola memutuskan menarik keluar pemain belakang Medhi Benatia digantikan Juan Bernat demi melapisi barisan pertahanan Muenchen, namun salah satu keputusan penting yang diambil pelatih Spanyol itu adalah menurunkan Coman menggantikan Xabi Alonso pada menit 60.

Meski tak segera mujarab, masuknya Coman terbukti memperkaya ragam serangan Muenchen hingga akhirnya Robert Lewandowski memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat golnya pada menit 73 dengan tandukan menyambut umpan silang Douglas Costa.

Juventus yang berada dalam tekanan justru tak berniat mempertebal barisan pertahanan mereka, jatah pergantian pemain terakhir digunakan Max Allegri untuk menarik keluar Morata digantikan Roberto Pereyra pada menit 89.

Keputusan tersebut boleh jadi akan disesali Allegri, sebab dua menit berselang tepatnya menit pertama waktu tambahan, Thomas Mueller berhasil menggetarkan jala gawang Gianluigi Buffo dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat tandukannya.

Gol itu memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan dan di paruh 15 menit pertama, tak ada gol tercipta dan tak terlihat peluang berarti.

Thiago yang masuk pada menit 101 menunjukkan tajinya saat babak tambahan kedua baru berjalan tiga menit, lewat kerja sama satu dua sentuhan dengan Mueller yang diakhiri dengan tendangan lengkung tak terjangkau Buffon.

Mimpi buruk Juventus kian nyata saat Coman membunuh laga tersebut bagi mereka, dua menit setelah gol Thiago, menampilkan aksi individual menusuk ke dalam kotak penalti sebelum memaksa Buffon memungut bola dari gawangnya untuk kali keempat.

Berikut susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Bayern Muenchen (4-1-4-1): Manuel Neuer (PG); Philipp Lahm, Joshua Kimmich, Mehdi Benatia (Juan Bernat), David Alaba; Xabi Alonso (Kingsley Coman); Douglas Costa, Thomas Mueller, Arturo Vidal, Franck Ribery (Thiago Alcantara); Robert Lewandowski

Pelatih: Pep Guardiola

Juventus (4-5-1): Gianluigi Buffon (PG); Stephan Lichsteiner, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Patrice Evra; Juan Cuadrado (Roberto Pereyra), Sami Khedira (Stefano Sturaro), Hernanes, Paul Pogba, Alex Sandro; Alvaro Morata (Mario Mandzukic)

Pelatih: Max Allegri.

Sumber:galamedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s