Baru 13 Pasar Kota Bandung Bersertfikat, PD Pasar Akui Banyak Kendala

Sertifikasi aset-aset pasar di Kota Bandung hingga kini masih belum rampung. PD Pasar Bermartabat beralasan masih menemui sejumlah kendala di lapangan hingga harus melibatkan pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan yang ada.
Hal tersebut disampaikan Bagian Sub Bidang Hukum dan Humas PD Pasar Bermartabat, Iqbal Martin. Menurut Iqbal, pihaknya terus melakukan berbagai upaya pengurusan dengan melibatkan sejumlah pihak termasuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung dalam membantu agar aset pasar bisa segera memiliki sertifikat di bawah pengelolaannya.
Berdasarkan data yang dimiliki salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Bandung itu, saat ini dari 37 pasar, baru 13 yang telah bersertifikat resmi. Proses pengurusan sertifikat sendiri sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 2014 lalu.
“Tapi dalam prakteknya masih banyak kendala yang sering harus kita hadapi. Perpindahan dinas jadi PD merupakan salah satu masalahnya,” tutur Iqbal, Rabu (9/3/2016).
Kendala lain, lanjut Iqbal, yaitu soal dokumen yang belum lengkap hingga ada pihak yang mengklaim memiliki lahan di pasar ikut pula menjadi kendala penerbitan sertikat. Meski begitu, PD Pasar secara bertahap tak pernah berhenti melakukan upaya pengurusan agar legalitas aset pasar dibawah pengelolaannya memiliki kekuatan hukum.
“Termasuk di tahun ini, kita tetap lanjutkan. Apalagi di tahun ini kita akan lakukan langkah revitalisasi sejumlah pasar,” tambahnya.
Lebih lanjut Iqbal mengungkapkan, untuk tahun 2016 direncanakan ada lima pasar yang sedang diurus agar segera memiliki sertifikat. Pasar-pasar itu antara lain Pasar Sederhana, Pasar Gegerkalong, Pasar Sadang Serang, Pasar Cijerah, dan Pasar Sarijadi.
“Kami juga sudah bersinergi dengan kejaksaan negeri untuk membantu proses penerbitannya,” ungkap Iqbal.
Disinggung soal status apa yang dimiliki pasar yang kini belum bersertifikat Iqbal menyebut yang belum bersertifikat resmi masih berupa hak pakai dan tanggungjawabnya dibawah pemerintah (Pemkot). Proses sertifikasi yang kini sedang dilakukan adalah untuk membuat semua pasar bisa memiliki sertifikat dibawah naungan PD Pasar Bermartabat.
“Yang pasti semua proses sedang kita lakukan, mulai dari sertifikasi termasuk soal revitalisasinya,” ujar Iqbal.
Ia pun memberi salah satu contoh yakni penataan Pasar Sarijadi. Sejauh ini, ujarnya, prosesnya mulai dipercepat. Para pedagang yang terkena dampak sudah dipindahkan. Tiang pancang juga sudah dipasang, tinggal pelaksanaan saja. Kalau tidak ada hambatan sebelum akhir tahun bisa selesai,” katanya.

Sumber:galamedianews 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s