Pianis Belia Indonesia Siap Gebrak Grammy Awards 2016

Seperti Oscar yang menjadi lambang pencapaian di dunia seni peran, demikian pula Grammy Awards bagi para pemusik. Dan di ajang apresiasi musik yang memasuki gelaran ke-58 itu Indonesia pantas berbangga hati. Di antara nama-nama pelaku musik yang masuk dalam nominasi kali ini , terselip nama pianis jazz Tanah Air. Dia adalah Joey Alexander (12).
Musisi belia tersebut dinominasikan untuk kategori Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo. Prestasi ini diraih berkat album solo perdananya My Favorite Things (2015) dan lagu “Giant Steps” dari album yang sama.
Dikutip dari grammy.com pada Grammy Awards 2016 yang digelar 15 Februari di Staples Center, Los Angeles, California, AS ini, Joey berhadapan dengan empat pesaing di masing-masing kategori.
Lahir di Denpasar, Bali, 25 Juni 2003, pemilik nama lengkap Josiah Alexander Sila ini mulai mendunia dua tahun lalu saat sejumlah media terkemuka dari luar memberitakan bakat istimewanya. Putra pasangan Denny Sila dan Fara Sila itu juga menuai pujian dari produser festival jazz di Kanada dan Inggris.
Bakat Joey sudah terpupuk sejak dini. Dengan arahan sang ayah yang memang menggemari jazz, ia belajar teknik-teknik dasar piano. Semakin tertarik, Joey pun melanjutkannya dengan kursus di sejumlah sekolah musik di Jakarta. Hasilnya di usia 8 tahun ia tampil bersama pianis dunia, Herbie Hancock.
Bakat Joey semakin terasah setelah keluarganya pindah dari Bali ke Jakarta hingga akhirnya memilih New York, AS di mana Joey berkesempatan tampil mengisi berbagai festival jazz dengan sambutan yang baik. Namanya pun merangsek di jajaran nominasi ajang prestisius Grammy Awards.
“Jazz musik yang keras. Anda harus benar-benar bekerja keras dan senang melakukannya. Itu yang paling penting… Saya suka jazz karena ini soal kebebasan mengekspresikan diri,” ujar bocah berbakat ini dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari Kmps.com, beberapa waktu lagi.

Sumber: galamedianews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s