Hari Ini, Jokowi Inisiasi Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menginisiasi dimulainya pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Kamis (21/1/2016) ini. 
JOkowi akan meresmikan pembangunan proyek tersebut di kawasan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 10.30 WIB.
Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan telah mengeluarkan izin trase kereta api cepat Jakarta-Bandung.
Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata mengatakan, izin trase tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 25 Tahun 2016 tentang Penetapan Trase Jalur Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung Lintas Halim-Tegalluar.
“Izin trase diajukan oleh PT Kereta Api Cepat Indonesia China (PT KCIC). Menhub menetapkan izin trase setelah semua syarat dipenuhi, termasuk rekomendasi dari pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten yang dilintasi jalur KA cepat Jakarta-Bandung,” katanya.
Barata menjelaskan, penetapan trase merupakan tonggak penting dalam pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung.
“Trase jalur KA Cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang 142,3 kilometer, dengan empat stasiun dan satu dipo,” katanya dikutip antara.
Terdapat empat stasiun adalah Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. Fasilitas operasi berupa dipo berada di Tegalluar.

Sumber :galamedianews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s