Traffic Light Dicuri, Akibatnya Beberapa Jalan Protokol Macet

Traffic light (lampu lalu lintas) di sejumlah ruas jalan protokol tidak berfungsi. Akibatnya arus lalu lintas tidak teratur dan tentunya membahayakan para pengendara yang melintas di kawasan tersebut.
Berkaitan dengan hal itu, Kepala Bidang Lalulintas dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Agung Purnomo mengakui pihaknya telah mendapat laporan. Menurutnya, lampu-lampu traffic light yang mati disebabkan oleh kerusakan komponen. Usia komponen yang sudah tua juga menjadikannya sewaktu-waktu bisa rusak. Terlebih lanjut dia, ada sejumlah faktor juga yang mempengaruhi seperti cuaca ekstrim atau bahkan sebagian komponen seperti kabel yang hilang dicuri.
“Seperti yang di Jalan Gatot Subroto – Malabar itu disebabkan modulnya terbakar mungkin karena konsleting kemasukan air pas hujan sama angin gede. Kemudian di beberapa titik ada juga kabel jaringannya putus karena dicuri orang,” ungkap Agung saat dihubungi, Minggu (17/1/2016).
Ia menuturkan, kerusakan modul traffic light tidak hanya terjadi di perempatan Jalan Gatot Subroto – Malabar saja, namun juga di perempatan Jalan Supratman – Jalan Brigjen Katamso dan perempatan Jalan Karapitan – Cikawao.
Ia menjelaskan, untuk penanganan sejumlah traffic light yang mati, pihaknya masih berbenturan dengan anggaran yang belum cair. Sebab untuk mengganti komponen yang rusak membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.
Sembari menunggu anggaran diketuk palu oleh DPRD Kota Bandung, pihaknya akan mulai membentuk panitia lelang. Sehingga ketika anggaran sudah diketuk, penyediaan untuk penggantian komponen yang rusak akan langsung dilelangkan.
“Dana yang dibutuhkan untuk perbaikan mencapai ratusan juta, jadi harus dilelangkan. Kita masih menunggu anggaran yang cair, mudah-mudahan bisa mencukupi,” katanya.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s