Harga Tinggi, Pemprov Jabar Bakal Panggil Pengusaha dan Peternak Ayam

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat berencana memanggil para pengusaha Breeding Farm, pabrik pakan, para peternak ayam dan pihak lainnya. Hal itu terkait dengan tingginya harga daging ayam saat ini.
“Kita akan panggil mereka untuk memecahkan masalah ini secepatnya,” jelas Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Dodi Firman, Minggu (17/1/2016).
Diungkapkan Dodi, pihaknya telah mengundang para pengusaha Breeding Farm dan Pabrik pakan terkait itu dan membahasnya dengan semua pihak terkait. Rencananya pertemuan tersebut akan dilakukan di aula dinas peternakan, pada selasa (19/1) mendatang. Namun di saat bersamaan, Dirjen Peternakan ternyata memanggil untuk membahas tingginya harga daging ayam saat ini.
“Waktunya bentrok dengan jadwal kita, padahal kita sudah menyebarkan undangan ke mereka untuk hadir di hari selasa besok. Jadi kitapun terpaksa undur waktunya, dan menunggu hasil kebijakan dari pemerintah pusat setelah dilakukan pertemuan nanti, dan itu akan kita lakukan secepatnya,” katanya.
Menurutnya, dari hasil pengawasan internal, tingginya harga daging ayam saat ini lebih disebabkan karena adanya kekhawatiran terjadinya kelangkaan daging ayam. Sehingga para pelaku pun mengatur produksi ayam.
“Jadi kenaikan harga daging ayam ini disebabkan oleh Day Old Chick (DOC) yang berkurang, sebagai dampak dari pengurangan induknya. Sehingga distribusi doc ke peternak berkurang. Begitu juga pakan, salah satunya Jagung yang berkurang karena tidak ada import jagung. Sehingga ada ke khawatirkan produksi ayam akan berkurang,” katanya.
Dodi mengatakan, produksi ayam masih normal. Bahkan produksi untuk peride berikutnya pun berjalan lancar sehingga tidak menutup kemungkinan bila semuanya disinkronkan maka harga daging ayam dipasaran pun bisa berjalan normal kembali.
“Sebetulnya produksi ayam banyak, hanya di distribusinya saja, karena ada kekhawatiran produksi akan turun, sehingga para pelaku pun mencari strategi dan membuat harga jadi tinggi,” katanya.
Oleh karena itulah lanjutnya, untuk stabilisasi harga daging ayam, maka pihaknya berencana untuk memanggil para pengusaha, baik breeding farm, pabrik pakan, peternak dan lainnya.
“Nanti kita akan cari solusi terbaiknya seperti apa, dan mempertanyakan kenapa harga doc sampai bisa naik tinggi,” katanya.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s