Damkar Kota Bandung Kekurangan Darah Muda

Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengatakan, selain terbatas secara angka, DPPK Kota Bandung juga kekurangan personel operasional yang masih berusia muda.
Ferdi menyebut, personel lapangan yang kini eksis, rata-rata sudah cukup berumur. Bahkan ada beberapa orang yang akan memasuki usia pensiun.
“Petugas kami di lapangan hanya 120 orang. Rata-rata sudah berumur, malah ada yang mau pensiun,” kata Ferdi, Kamis (14/1/2016).
Disinggung apakah pihaknya terkendala dengan kondisi itu, Ferdi mengakuinya. Namun ia tetap memberi semangat kepada anak buahnya. Ia pun percaya, meski banyak yang sudah berumur, anak buahnya tetap memiliki kapasitas yang mumpuni.
“Kalau dibilang keteteran sih bisa jadi. Tapi kita optimalkan personel yang ada. Walau relatif tua tapi mereka berpengalaman. Naluri dan skillnya masih mumpuni,” tegas Ferdi.
Saat ini, posisi pasukan pemadam kebakaran hanya ada di angka 120 orang. Jumlah itu pun harus dibagi menjadi 3 shift. Namun meski dibagi-bagi, mereka pun harus siap terjun ke lapangan jika dibutuhkan.
Sebagai gambaran, dengan personel ‘seadanya’ pada tahun 2015 lalu DPPK Kota Bandung harus berjibaku mengatasi sebanyak 177 kali bencana kebakaran. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2014 yaitu 162 kali kejadian. Di tahun ini, kebakaran diperkirakan masih menjadi ancaman.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s