Masjid Terapung di Gedebage Usung Tema Matematika

Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil menyatakan tema Masjid Terapung yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di kawasan Gedebage Kota Bandung, yang dibangun di atas danau buatan seluas sekitar 10 hektare akan mengusung tema matematika.
“Kita menghindari kalau masjid itu harus ada kubah, jadi semua masjid di zaman sekarang harus futuristik harus menyimbolkan kejayaan Islam. Islam itu kan dikenal dengan kehebatan matematikanya. Jadi teorinya matematika yang dikonversi jadi tiga dimensi,” kata Wali Kota yang disapa Emil di Bandung, Rabu (13/1/2016).
Ditemui usai Rapat Pembahasan Rencana Pembangunan Danau Gedebage dengan Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, di Gedung Sate Bandung, ia mengatakan kapasitas dirinya dalam pembangunan masjid yang akan menjadi terbesar di Jabar ini adalah sebagai supervisi (pengawas) yakni memastikan desainya.
“Sesuai aspirasi dari harapan Pak Gubernur, saya hanya bantu saja, jadi masjidnya sangat besar ya 100×100 meter. Untuk area shalatnya sekitar satu hektare. Jadi saya itu suvervisi saja, sama sepertti Teras Cikapundung memastikan desainnya baik, kontraktornya yang kerja juga mengeksekusi dengan baik,” kata dia.
Sebanyak empat tower, lanjut pria yang akrab disapa Emil ini, akan dibangun dan muncul dari danau tersebut. “Dan unsur budaya Jawa Barat atau sundanya akan diaplikasikan di bagian interior masjidnya,” kata dia.
Ia menuturkan Danau Gedebage tempat dibangunnya masjid tersebut akan memiliki tiga fungsi yakni sebagai cadangan air minum, fungsi sosial dan sebagai tempat anti banjir.
“Kapasitasnya kalau se-hekatre saja kali satu orang bisa hampir tujuh ribuan orang. Jauh terbesar atau lebih besar dari Masjid Alun-alun Bandung,” kata dia.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s