Kemlu Pastikan Tiga Pendaki Asal Bandung Hilang di Nepal Meninggal

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia dari Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, status ketiga pendaki Gunung Everest hilang dalam bencana gempa di Nepal April 2015, dipastikan tidak ditemukan lagi. Pasalnya, surat kematian resmi telah diterima Kemlu.
Tiga WNI hilang itu adalah Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat. Ketiganya adalah anggota Taruna Hiking Club Bandung.
“Kasus tiga orang (pendaki), surat kematiannya sudah keluar, kita sudah instruksikan kedutaan kita di Bangladesh, Dhaka, karena Nepal yang berwenang untuk mengeluarkan surat itu,” kata Iqbal di Jakarta, Senin (11/1/2016).
Menurutnya, surat tersebut merupakan terusan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Nepal. Surat itu, sudah secara resmi diterima Kemlu beberapa waktu lalu dan sudah diserahkan kepada keluarga tiga WNI itu.
“Secara resmi sudah dilakukan serah terima dengan keluarga korban di Bandung,” kata Iqbal.

Iklas

Indikasi ketiganya meninggal, berdasarkan temuan tim SAR asal Spanyol yang menyisir area dataran tinggi Langtang. Mereka menemukan dompet di bawah bebatuan gunung, berisi KTP, SIM C dan NPWP milik Alma Parahita. Temuan itu diserahkan kepada Tentara Nepal, yang langsung menghubungi pemerintah RI.
Berdasarakan temuan ini seperti ditulis merdeka.com, semakin kuat dugaan Alma, Kadek dan Jeroen Hehuwat dari Taruna Hiking Club, Bandung, masih berada di sekitar penginapan Everest ketika terjadi gempa berkekuatan 7,8 skala Richter 25 April 2015.
Pihak keluarga sendiri sudah mengikhlaskan kepergian sanak saudara mereka, dengan membalas surat tersebut dan memberikan ucapan terima kasih kepada pemerintah melalui Menteri Luar Negeri.
Gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Nepal tahun lalu menewaskan lebih dari 7.000 orang dan melukai hampir 10 ribu orang lainnya.

Sumber:galamedianews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s