Bandung Command Center Belum Berfungsi Maksimal

Peristiwa meledaknya bom paku di depan rumah dinas Wali Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum pada malam perayaan pergantian tahun, hingga kini masih belum terkuak. Pasalnya, CCTV yang terkoneksi dengan Bandung Command Center (BCC) pun luput merekam pelaku yang menyimpan bom dibawah mobil milik kru TV One.
Menurut Kabid Informasi dan Teknologi (IT) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandung, Sri Dhiandini, saat peristiwa ledakan itu terjadi memang terdapat dua unit kamera pengawas yang terpasang diluar Pendopo dan terkoneksi dengan Command Center.
Akan tetapi, kedua kamera itu mengarah kepada rumah dinas orang nomer satu di Kota Bandung tersebut. Sehingga, peristiwa ledakan di seberang Pendopo pun luput dari bidikan kamera CCTV.
“Memang terkoneksi Command Center, tapi mengadapnya ke pendopo bukan ke arah Alun-alun Bandung, kita kan tujuannya mengamankan gendung-gedung Pemerintahan,” ungkap dia saat dihubungi, Jumat (8/1/2015).
Ia menjelaskan, luputnya kejadian yang sempat mencuri perhatian masyarakat yang tengah berada di Alun-alun Bandung, tak lepas dari masih minimnya jumlah kamera pengintai yang mengawasi pergerakan masyarakat di Kota Bandung.
Hingga saat ini, lanjut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung baru memiliki 110 kamera CCTV yang terkoneksi dengan Command Center. Dari jumlah tersebut, hanya dua kamera saja yang mengawasi kawasan Pendopo sekaligus Alun-alun Bandung.
“Jadi bukan masalah CCTV nya, tapi jumlahnya yang tidak terlalu banyak juga ngaruh sekali,” terang dia.
Diakuinya, atas kejadian ini pihaknya berupaya untuk menambah jumlah CCTV yang akan dikoneksikan dengan Command Center. Salah satunya bekerjasama dengan pihak swasta yang berminat bergabung dengan Command Center.
“Anggaran APBD kita terbatas, jadi engga bisa ngandelin dari sana. Idealnya setiap 50 – 100 meter sudah ada CCTV, sehingga lebih mempersempit pergerakan pelaku-pelaku kejahatan,” katanya.
Selain itu, kedepan pihanya juga akan meningkatkan pengawasan tepat-tempat rekreasi yang ada di Kota Bandung. Sehingga, tidakan kriminalitas atau tindakan yang merugikan lainnya bisa terawasi dengan baik.
“Rencananya tahun ini baru akan dipasang di semua infrastruktur tempat rekreasi. Supaya kalau ada yang rusak kita tahu,” ujar dia.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s