Kerahkan 400 Anggota, Satpol PP Jabar Akan Robohkan Lima Bangunan di Arcamanik

Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat, akan tertibkan secara paksa lima bangunan permanen di kawasan Sport Center Arcamanik dalam waktu dekat ini. Bahkan kelima bangunan permanen yang digunakan untuk kawasan bisnis tersebut, rencananya akan dihancurkan dan diratakan dengan tanah.
Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat Udjwalaprana Sigit menegaskan, pemerintah provinsi Jawa Barat memang berencana untuk menertibkan kawasan bisnis yang ada di kawasan sport center Arcamanik. Terlebih Sport center Arcamanik merupakan salah satu venue, yang akan digunakan pada pelaksanaan PON Jabar 2016.
“Keberadaan kawasan bisnis tersebut, mengganggu proses pembangunan dan renovasi dari sport center Arcamanik, apalagi saat ini waktu pelaksanaan PON Jabar sudah mendesak,” tegas Sigit kepada wartawan, Minggu (3/1/2015).
Dikatakannya, selama ini kawasan bisnis tersebut digunakan para pedagang kaki lima dan pengusaha lainnya. Dimana ada sekitar 37 lapak PKL dan lima bangunan permanen yang berdiri di sana, terlebih luas lahan yang digunakan untuk kawasan bisnis tersebut mencapai sekitar setengah hektar. Tidak hanya itu saja, di sana pun ada tempat penyimpanan kuda dan tempat kursus.
“Penertiban ini sebetulnya sudah kita lakukan dan disosialisasikan sejak tahun 2012 lalu. Bahkan sekarang pun kita sudah tertibkan para PKL yang ada di sana, dan sekarang tongga para pengusaha yang mengelola lima bangunan permanen,” katanya.
Diungkapkannya, proses penertiban memang tidak mudah, terlebih perlu pendekatan terhadap para pengusaha di sana, sehingga para PKL pun bisa ditertibkan. Namun demikian, pihaknya cukup kesulitan saat akan melakukan penertiban terhadap para pengusaha yang mengelola di lima bangunan permanen.
“Mereka menolak untuk ditertibkan dengan alasan mereka sudah lama di sana. Bahkan mereka pun meminta untuk direlokasi dan kompensasi, baru mau pindah ke tempat lain. Ini kan aneh padahal itu milik pemerintah,” katanya.
Oleh karena itulah, lanjut Sigit, pihaknya pun bersikap tegas dan memberikan peringatan keras kepada para pengelola bangunan tersebut untuk pindah. Namun demikian, para pengusaha tersebut tetap membandel dan bertahan di sana sampai pihaknya memberikan peringatan ketiga.
“Peringatan peringatan sudah kita sampaikan, baik itu peringatan pertama, peringatan kedua. Termasuk peringatan ketiga yang kita sampaikan bulan lalu. Bahkan kita informasikan kepada mereka, tanggal 31 Desember 2015 adalah masa akhir peringatan dan akan dilakukan penggusuran, tapi mereka tetap bertahan. Oleh karena itulah dengan secara terpaksa, kita akan lakukan tindakan tegas dan lakukan penertiban secara paksa,” janjinya.

Langkah terakhir

Menurutnya, penertiban secara paksa adalah langkah akhir, sehingga pihaknya pun akan melakukan upaya pengosongan bangunan dan menghancurkan bangunan permanen tersebut. “Kita akan ratakan kelima bangunan tersebut dengan tanah,” katanya.
Upaya penertiban secara paksa tersebut, rencananya akan dilakukan pada hari Rabu atau Kamis (6-7 Januari). Dalam hal itu pihaknya menyiapkan sekitar 400 personel gabungan dari satpol pp Jawa Barat, TNI dan polri. Termasuk juga personel dari pemerintah Kota Bandung. Selain itu, pihaknya pun akan menyiapkan dua unit becho untuk merobohkan bangunan.
“Tidak ada toleransi lagi, kita akan robohkan bangunan permanen tersebut, karena mengganggu pembangunan renovasi sport center Arcamanik,” katanya.
Menurutnya, tindakan tegas yang dilakukan tersebut tentunya akan mendapatkan perlawanan dari para pengelola bangunan permanen tersebut. Namun demikian, untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk kekuatan dari para personel pengaman.
“Kita perkirakan itu memang ada perlawanan, tapi sudah kita persiapkan kemungkinannya seperti apa. Perlawanan itu selalu ada, tidak mungkin upaya paksa tidak ada perlawanan,” kata Sigit.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s