Harga Daging ayam ‘Dimainkan’ Pengusaha

Ketua Persatuan Pedagang Ayam Bandung (PPAB), Yoyo Sutrya mensinyalir, kenaikan harga daging ayam yang tidak wajar ini merupakan ulah para pengusaha daging ayam yang nakal. Meskipun sebelumnya sudah disepakati mengenai kestabilan harga daging ayam, namun kesepakatan tersebut tidak digubris oleh para pengusaha daging ayam yang hanya memikirkan keuntungan pribadi tanpa mempedulikan kondisi yang dialami konsumen dan juga para pedagang. 
“Saya menduga ini ulah para pengusaha nakal yang ingin mengeruk keuntungan besar. Mereka tertawa di tengah penderitaan orang lain. Padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan untuk menjaga harga daging ayam tetap stabil di pasaran,” terangnya kepada wartawan di Pasar Kosambi, Bandung, Jumat ( 1/1/2016).
Ulah nakal tersebut, sangat terlihat dalam memainkan harga daging ayam di pasaran. Saat ini, satu kilogram daging ayam di tingkat peternak dijual dengan harga Rp 23.000 per kilogram. Harga tersebut sudah menyalahi kesepakatan yang telah ditetapkan.
“Dalam kesepakatan, harga saging ayam di peternak tidak boleh lebih dari Rp 21.000/kg. Saat ini harganya Rp 23.000. Jadi pengusaha nakal tersebut memainkan harga dan mengambil keuntungan Rp 2.000/kg,” duganya.
Momen hari-hari besar mulai dari Maulid Nabi Muhammad saw, natal, dan tahun baru dijadikan senjata untuk menaikkan harga daging ayam. Harga pada awal tahun ini sangat berbeda dengan awal tahun lalu.
“Awal tahun lalu, harga daging ayam stabil di angka Rp 26.000 hingga Rp 28.000/kg,” katanya.
Melihat kondisi ini, pihaknya berharap pemerintah segera mengambil tindakan. Tanpa adanya upaya dari pemerintah, bukan tidak mungkin harga daging semakin tidak terkendali.
“Pemerintah harus secepatnya turun tangan. Kasihan masyarakat dan pedagang dengan kondisi seperti ini, ” tegasnya.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s