Aktivitas Penerbangan di BIHS Alami Peningkatan di Masa Liburan

Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BIHS) Bandung, diprediksi terus mengalami peningkatan hingga massa liburan natal 2015 dan tahun baru 2016 (nataru) selesai. Mengingat lepas tanggal merah, dilanjutkan dengan libur akhir pekan di Hari Sabtu dan Minggu.
Hal tersebut dikemukakan Airport Dutty Officer Suarsono saat ditemui di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Jumat (1/1/2015). Diprediksi untuk hari ini penerbangan domestik mengalami peningkatan sebesar 20% dari kisaran jumlah 4 ribu sampai 5 ribu penumpang setiap harinya.
“Berdasarkan hasil pantauan sejak 18 – 31 Desember peningkatan konsisten 20 persen, kami prediksi juga untuk hari ini penerbangan domestik mengalami peningkatan 20%,” ungkap Suarsono. 
Berdasarkan hasil rekapan Tim Posko Nataru, pada 30 Desember 2015 tercatat untuk keberangkatan domestik tersedia 33 penerbagan dengan jumlah penumpang yang mencapai 4764. Sementara di jalur kedatangan domestik ada 34 penerbangan dengan jumlah penumpang mencapai 4697 orang. 
Untuk di jalur keberangkatan interasional tersedia 6 penerbangan dengan jumlah 944 penumpang. Sementara untuk jalur kedatangan tersedia 6 penerbangan dengan jumlah 805 penumpang. 
Sementara itu, untuk keberangkatan 31 Desember 2015 tercatat 33 penerbangan domestik mengangkut 4680 penumpang, dengan presentase total kursi yang terpenuhi hingga 88,69 %. Untuk jalur kedatangan domestik tercatat 6 penerbangan dengan 4645 penumpang dengan presentase total kursi yang terpenuhi hingga 88,19%. 
Untuk di jalur keberangkatan internasional bandara memfasilitasi 6 penerbangan dengan 1000 penumpang dengan presentase total kursi yang terpenuhi hingga 94,16%. Untuk jalur kedatangan internasional ada 6 penerbangan dengan 767 penumpang dengan presentase total kursi yang terpenuhi hingga 72,22%. 
Ia menjelaskan, aktivitas penerbangan domestik didominasi oleh tujuan Makasar, Denpasar, Medan, Surabaya dan Jogjakarta. Ia memperkirakan puncak arus balik akan terjadi Minggu (3/1/2015). Mengingat masyarakat akan kembali bekerja dan bersekolah pada Senin (4/12/2015).
Guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi pada hari tersebut, pihaknya terus meningkatkan koordinasi dan pengamanan hingga massa angkutan liburan berakhir.
”Kita lakukan pengamanan operasional di bandara dengan standar kerja yang ada, terkait dengan Pos Nataru kita lakukan maksimalisasi koordinasi dengan unit berbagai unit, seperti kawasan parkiran kemanan dan dalam terminal,” ujar dia.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s