Sejak Satu Pekan Lalu, Harga Kebutuhan Pokok Melambung

Sejak satu pekan lalu, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Bandung sudah mengalami kenaikan. Salah satunya, kebutuhan pokok di Pasar Sayati, Kecamatan Margahayu.
Seorang pedagang, Ujang (45) mengatakan, kenaikan paling menonjol yakni harga cabai merah yang kini dijual sebesar Rp 60.000 per kilogram. Kenaikan ini terjadi di ranah pemborong, akhirnya para pedagang pasar pun harus membeli dengan harga lebih tinggi dari biasanya.
“Selain cabai, yang naik itu harga bawang merah. Asalnya per kilogramnya Rp 18.000 sampai Rp 20.000. Kalau sekarang saya jual Rp 36.000 satu kilogramnya. Barangnya memang lagi susah, soalnya musim hujan,” kilah Ujang kepada galamedianews.com di Pasar Sayati, Rabu (30/12/2015).
Menurut Ujang, kenaikan ini sudah terjadi satu pekan lalu. Meski, tidak semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang signifikan. “Ya, untungnya pembeli masih ada yang memaklumi, jadi tidak begitu sepi,” katanya.
Heni (38) pedagang ayam di pasar sayati pun mengatakan hal yang sama. Dirinya kini menjual ayam dengan harga Rp 36.000 per kilogramnya, dari sebelumnya yang hanya Rp 28.000 hingga Rp 32.000.
“Naik itu pas kemarin libur Maulid Nabi dan Hari Natal. Biasanya nanti turun lagi setelah tahun baru. Memang setiap tahun seperti ini,” ujar Heni.
Dari pantauan, harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yaitu kol. Dari Rp 5.000 kini menjadi Rp 10.000. Kemudian bawang daun yang sebelumnya Rp 12.000 menjadi Rp 20.000. Wortel, semula Rp 10.000 menjadi Rp 16.000.
Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s