Jangan Pernah Mengunggah Boarding Pass ke Medsos

Mengunggah boarding pass ke akun Facebook sering dilakukan banyak orang, saat akan pergi berlibur. Namun Brian Krebs, seorang penulis dan blogger yang mengkhususkan diri dalam cerita investigasi pada cybercrime dan keamanan komputer, menyarankan untuk tidak melakukan hal itu lagi. 
Menurutnya, ada banyak informasi yang tersimpan di balik boarding pass, tepatnya di barcode-nya. Sebagai bukti, Krebs menulis pengalaman pembaca blog-nya, KrebsOnSecurity, yang penasaran dengan informasi yang ia dapat dari boarding pass temannya yang diunggah ke Facebook.
Setelah mengambil screenshot dari sebuah boarding pass penerbangan Lufthansa, ia dengan cepat menemukan sebuah website yang bisa mendecode data dan ia pun langsung mendapatkan banyak informasi tentang perjalanan itu.
Informasi itu termasuk nama penumpang, nomor frequent flyer dan “informasi pribadi” lainnya. Bahkan, alat pembaca yang dikenal sebagai Cory itu mampu mendapatkan “kunci record” untuk data penumpang penerbangan Lufthansa hari itu.
Perangkat ini juga dapat masuk ke website maskapai dan menggunakan nama belakang penumpang yang dikodekan dalam barcode, memungkinkan dia “untuk mengakses seluruh rekening dari si penumpang”.
“Tidak hanya bisa saya melihat pesawat yang satu ini, tapi aku bisa melihat penerbangan apapun yang dipesan ke nomor frequent flyer-nya dari Star Alliance,” kata Cory.
Krebs mengatakan akses yang diberikan oleh Lufthansa juga memungkinkan Cory untuk melihat “semua penerbangan yang dipesan oleh akun frequent flyer”, mengubah kursi untuk penumpang dan bahkan membatalkan penerbangan yang sudah dipesan.
Blog berita perjalanan ‘The Winglet menyarankan untuk mengaburkan semua informasi sensitif jika Anda harus mengunggah foto boarding pass ke media sosial. Ini termasuk nomer tiket, catatan locator dan barcode, serta “setiap informasi yang dapat diidentifikasi lainnya”.
Dan ketika tiket itu sudah digunakan, Krebs menyarankan untuk menghancurkannya di mesin penghancur. Ia mengingatkan untuk tak hanya membuangnya karena data yang tersimpan di dalamnya masih bisa diakses. Jadi mulai sekarang berhati-hatilah dengan boarding pass Anda. 

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s