8 Tips Ini bisa Temukan Kedamaian Batin

Ketika semuanya menjadi buruk, kita cenderung untuk memiliki pikiran yang negatif. Jika sudah demikian, maka akan sulit untuk melawannya dengan pikiran yang positif.
Masalahnya, saat berusaha melawan dengan pikiran positif, kita kadang malah mengalami tekanan batin. Bertambah lebih cemas dan stres, yang tentunya tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.
Lalu bagaimana caranya menggantikan pikiran negatif dengan pikiran positif? Seperti dikutip dari Entrepreneur, Anda bisa mulai dengan berlatih delapan tips berikut yang bisa mendatangkan ketenangan batin.
1. Berlatih menerima keadaan
Hal ini mungkin terdengar sulit, tapi itu salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan kedamaian batin. Anda hanya perlu melepaskan hal-hal yang Anda benar-benar tidak punya kuasa untuk memperbaiki atau mengatasinya.
Membebaskan diri dari keadaan yang tak bisa dikuasai dapat meringankan berton-ton kecemasan dan stres yang menumpuk dalam kehidupan sehari-hari.
Mungkin Anda bisa berhenti mengeluh tentang situasi yang ada dan mencari solusi alternatif yang tepat untuk mengatasinya. Atau Anda bisa menelan pil pahit yang ada di tangan Anda.Pahami kenyataan bahwa semuanya tidak selalu berjalan dengan sempurna.
2. Mendengarkan musik atau bunyi-bunyian yang menenangkan
Penelitian telah menemukan bahwa musik memiliki kekuatan untuk mengurangi kecemasan, stres dan depresi. Selain itu musik juga memiliki pengaruh kuat ketika meditasi. Jika Anda tidak memiliki akses ke musik, Anda dapat mencari suara atau bunyi-bunyian yang menenangkan di sekitar Anda.
Buka jendela dan mendengarkan kicau burung atau bahkan angin bertiup sudah cukup menenangkan. Suara-suara menenangkan dapat membantu Anda rileks ketika merasa ada beban. Anda juga dapat menyetel musik dan suara pada komputer dan ponsel.
3. Jalan-jalan ke luar
Berbicara tentang alam, jalan-jalan keluar dan menikmati alam adalah cara lain untuk menemukan kedamaian batin. Satu penelitian menemukan bahwa mahasiswa yang dikirim ke hutan selama dua malam memiliki tingkat hormon kortisol yang lebih rendah daripada mereka yang tetap tinggal di kota.
Kortisol adalah hormon penanda stres. Ada juga studi lain di mana para peneliti menemukan penurunan denyut jantung dan tingkat kortisol pada subjek di hutan bila dibandingkan dengan yang di kota.
4. Tersenyum
Pernahkah Anda disambut oleh senyum yang tulus? Tentu membuat hati senang dan nyaman, bukan? Bagaimana perasaan Anda ketika anak Anda tersenyum pada Anda? Anda tidak bisa menahan untuk membalas senyumnya. Itu karena tersenyum merangsang mekanisme reward otak kita. Sama seperti ketika kita membeli sesuatu atau makan sesuatu yang lezat.
Setiap kali Anda sedang mencari ketenangan batin, cobalah untuk tersenyum dan bahkan menertawakan situasi Anda saat ini. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan tenang. Jika Anda tidak dapat tersenyum, Anda dapat membuat senyum palsu.
Dan penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan jika Anda membuat senyum palsu, itu masih bisa mengangkat sedikit beban Anda.
5. Menjadi sukarelawan
Bila Anda meluangkan waktu untuk merawat orang lain dan menunjukkan kasih sayang, Anda telah mengganti semua pikiran negatif dan kecemasan. Itu karena Anda tidak lagi dikuasai masalah Anda sendiri. Dan, tidak ada pilihan yang lebih baik untuk merawat orang lain daripada menjadi sukarelawan.
Jika Anda dapat menemukan cara menjadi sukarelawan secara teratur, Anda tidak terjerumus ke dalam pikiran negatif yang lebih dalam. Bahkan, menurut penelitian UnitedHealth Group, sekira 94% orang yang menjadi sukarelawan dalam dua bulan terakhir mengatakan aktivitas tersebut memperbaiki suasana hatinya.
Sebanyak 96% mengatakan menjadi sukarelawan memperkaya pemahaman tentang tujuan hidup, dan 78% melaporkan menjadi sukarelawan menurunkan tingkat stres mereka.
6. Sugesti diri
Afirmasi atau mengulangi kata-kata penuh motivasi yang bertujuan untuk memberikan sugesti pada diri sendiri akan mengarahkan pikiran negatif menuju pikiran positif. Sehingga menimbulkan ketenangan dalam pikiran.
7. Menunjukkan rasa terima kasih
Menyadari apa yang perlu disyukuri adalah cara lain untuk menemukan kedamaian batin. Luangkan waktu sejenak keluar dari kesibukan sehari-hari dan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri seperti, “Apa yang bisa saya syukuri untuk hari ini?” Dan, “Siapa yang harus saya hubungi hari ini untuk memberitahu mereka bahwa saya peduli tentang mereka?” Ini membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda.
8. Melatih pernapasan
Ini mungkin bisa menjadi cara termudah untuk menemukan kedamaian batin. Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa pernapasan dapat mengelola stres dan kecemasan, selain menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.
Dengan mengambil lima napas dalam-dalam, menahannya selama satu detik, dan menghembuskannya melalui mulut secara perlahan, Anda akan merasa gelombang ketenangan instan datang pada Anda.
Melatih pernapasan juga cara utama dalam meditasi, tetapi Anda tidak perlu bermeditasi saat mengalami cemas atau stres. Cukup melatih pernapasan dan Anda akan baik-baik saja.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s