50 Rumah Warga Disapu Angin Puting Beliung

Diperkirakan sebanyak 50 rumah disapu angin puting beliung di Kp. Sukatari RT 02/RW 10 Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Minggu (27/12/2015) pukul 16.00 WIB. Akibat peristiwa tersebut, puluhan kepala keluarga mengalami kerugian material ditaksir sekitar Rp 100 juta.
Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa angin puting beliung tersebut. Namun sejumlah warga sempat mengalami ketakutan saat angin kencang disertai turun hujan deras mengantam rumah mereka.
Salah seorang korban, Dedi mengeluhkan peristiwa angin puting beliung itu, diawali dengan hembusan angin kencang dari arah utara menuju bagian selatan.
“Tiupan angin kencang itu langsung merusak bagian atap rumah berupa genting. Termasuk bagian kayu atap rumah juga banyak yang berterbangan diterjang angin puting beliung,” keluh Dedi kepada galamedianews.com, Minggu sore.
Didampingi aktivis Gerakan Memperjuangkan Aspirasi Rakyat Kab. Bandung Ujang Ruhiyat, Dedi mengeluhkan, selain atap genting rumah warga yang mengalami kerusakan, juga ada bagian rumah warga yang tertimpa tiang listrik milik PLN. Diantaranya adalah rumah dirinya yang tertimpa tiang listrik hingga mengalami rusak parah.
“Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka-luka dan hanya bagian rumah yang mengalami kerusakan,” katanya.
Dikatakan Dedi, angin puting beliung yang disertai turun hujan deras itu, membuat warga ketakutan dan trauma. Sehingga dia berharap ada perhatian dari pemerintah terkait.
Sama halnya yang dikeluhkan Ketua RT 02 Beben. Dia berharap ada bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung dan Dinas Sosial Kabupaten Bandung untuk puluhan kepala keluarga yang rumahnya rusak berat dan ringan.
“Minimal ada bantuan material bangunan dari pemerintah untuk memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan parah maupun ringan. Dengan harapan, mereka bisa kembali memperbaiki rumahnya yang mengalami kerusakan,” harap Dedi.
Pihaknya sampai Minggu sore masih melakukan pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan. “Setelah saya catat, mungkin ada 50 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung. Kerugian material diperkirakan Rp 100 juta,” katanya.
Ditambahkan Ujang Ruhiyat, para korban angin puting beliung harus segera mendapatkan perhatian pemerintah, mengingat rumah mereka mengalami kerusakan.
“Saya pantau banyak rumah warga yang mengalami kerusakan bisa segera diperbaiki,” katanya.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s