Dilalui Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Purwakarta Revisi Perda RTRW

Pemkab Purwakarta Jawa Barat akan merevisi Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah untuk mendukung rencana pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.
“Pembebasan lahan sudah bisa kita mulai. Nantinya beriringan dengan revisi Perda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah),” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, di sela menerima kunjungan Konsorsium Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Purwakarta, Rabu (23/12/2015).
Ia menyatakan, pihaknya serius mendukung rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan melintasi wilayah Purwakarta.
Sebagai bukti dukungan pemerintah daerah, kata dia, pihaknya segera melakulan revisi Perda RTRW Purwakarta. Termasuk membantu proses pembebasan lahan yang terkena proyek jalur kereta cepat.
Proyek pembangunan jalur kereta api cepat yang akan melintasi Purwakarta itu sendiri diakuinya akan banyak melewati ruang terbuka hijau dan beberapa lahan milik warga.
Staf Khusus Kementerian BUMN untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Sahala Lumbangaol, mengatakan kemungkinan pembuatan pabrik rolling stock di Purwakarta.
“Bupati Purwakarta mengatakan ada lahan yang bisa dipakai, kami akan jajaki kemungkinan mendirikan pabrik rolling stocknya di Purwakarta. Nanti juga ada kemungkinan di Purwakarta ada stasiun,” kata dia dikutip antara.
Dalam kunjungan konsorsium Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut, hadir perwakilan dari konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) yang terdiri dari China Railway International Co Ltd (CRI) dan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia.
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang membutuhkan dana US$5,5 miliar atau sekitar Rp70 triliun ini ditargetkan groundbreaking pada April 2016. Dari total nilai tersebut, 75% pembiayaan berasal dari pinjamaan China Development Bank. Sebesar 25% sisanya merupakan patungan PSBI.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s