Libur Panjang, Kota Bandung Mulai Dipadati Kendaraan

Libur panjang berkaitan dengan Natal dan Tahun Baru, ribuan kendaraan dari luar kota diprediksi akan masuk ke Kota Bandung. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung sudah mengantisipasi hal itu, bersama pihak kepolisian dan akan menempatkan personelnya di sejumlah titik.
Kabid Lalu Lintas dan Parkir Dishub Kota Bandung, Agung Purnomo mengatakan, prediksi padatnya lalu lintas di Kota Bandung saat ini pun sudah mulai terlihat. Kendaraan-kendaraan dari luar kota, baik itu kendaraan pribadi maupun umum, sudah hilir mudik di jalanan Kota Bandung.
“Kita sudah standby sejak kemarin (Senin, 21/12/2015). Libur Natal dan Tahun Baru ini juga ‘kan bersamaan dengan liburan anak sekolah. Kota Bandung masih menjadi destitasi wisata,” kata Agung, Selasa (22/12/2015).
Agung menambahkan, volume kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung memang diprediksi cukup tinggi. Jika pada hari libur biasa (Sabtu-Minggu) kendaraan dari luar kota bisa mencapai angka 30 ribuan, kali ini diprediksi akan melonjak tajam.
“Kami prediksi angkanya bisa mencapai 100 hingga 150 ribuan kendaraan, mulai dari tanggal 23 hingga 27 Desember mendatang. Diperkirakan tinggi, karena ternyata Bandung masih menjadi pilihan wisatawan,” tegas Agung.
Kendaraan-kendaraan yang datang ke Kota Bandung itu, diprediksi paling banyak dari daerah di bagian Barat. Agung menyebut, Jakarta masih menjadi yang paling tinggi, sedangkan daerah lain yang menyumbang wisatawan terbanyak lainnya yaitu dari wilayah Bekasi, Sukabumi, Banten dan Bogor.
“Angkutan umum dan pribadi sepertinya lebih banyak kendaraan pribadi. Yang masuk Bandung, diprediksi paling banyak datang dari wilayah barat,” katanya.
Ditambahkan Agung, wisatawan yang datang ke Bandung akan banyak menuju lokasi-lokasi wisata, baik itu yang ada di Kota Bandung, Kab. Bandung maupun Kab. Bandung Barat. Khusus di Kota Bandung, pusat perbelanjaan masih menjadi favorit untuk didatangi.
“Ya, seperti mal PvJ, sepertinya akan padat. Minggu kemarin juga sudah padat. Kebon Binatang Bandung juga masih jadi tujuan, selain tempat-tempat wisata lainnya. Yang pasti akses menuju tempat wisata akan cukup padat,” katanya.

Tertib berlalulintas

Mengantisipasi hal itu, Agung mengatakan, pihaknya akan menerjunkan personel di lapangan. Selain itu, untuk pengaturan arus lalu lintas, juga akan ditingkatkan kinerja petugas di posko serta di ruang ATCS yang ada di Balai Kota Bandung.
“Prediksi kami, liburan akan mulai berjalan besok (hari ini,red). Di posko yang ada di terminal, kita sudah standby sejak tanggal 21 sampai 28 Desember. Di ATCS room juga kita tempatkan 15 orang,” kata Agung.
Ditengah prediksi padatnya arus lalu lintas, Agung berharap, masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Masyarakat juga diharapkan, tertib dalam berlalulintas agar hal tak terjadi hal yang tak diinginkan.
Sementara itu, Kabid Operasional Dishub Kota Bandung, IW Ginting mengatakan, untuk musim liburan kali ini pihaknya menerjunkan tiga regu petugas di lapangan. Petugas itu akan bekerja sesuai fungsinya, yakni pengawasan dan penegakan hukum.
Tak cuma itu, personel pun ditempatkan di dua terminal besar di Kota Bandung, Leuwi Panjang dan Cicaheum. Untuk Leuwi Panjang, akan ditempatkan 50 petugas dan di Cicaheum 25 petugas.

“Petugas parkir juga siaga, termasuk juru parkirnya. Kita akan berupaya maksimal agar liburan di Kota Bandung bisa berjalan aman, nyaman dan tertib,” tandas Ginting.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s