Kementrian ESDM akan Serahkan Sertifikat Geopark Nasional untuk Ciletuh

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menyerahkan sertifikat untuk taman bumi atau Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, sebagai kawasan geopark nasional.
“Rencananya hari ini akan diberikan dan dari UNESCO juga akan hadir untuk menyaksikan saat penyerahan sertifikat Ciletuh sebagai Geopark Nasional,” kata Wagub Deddy Mizwar di Gedung Sate Bandung, Selasa (22/12/2015).
Ia mengatakan dengan diserahkannya sertifikat dari Kementerian ESDM RI maka pihaknya menargetkan 2017 kawasan Geopark Ciletuh bisa menjadi kawasan Geopark Global Network yang diakui oleh dunia.
“Jadi memang betul-betul menjadi taman bumi yang Insya Allah bisa bermanfaat bagi masyarakat, jadi bisa taman rekreasi, penelitian dan lain sebagainya sekaligus pemberdayaan ekonomi,” kata dia.
Pihaknya akan memperbaiki infrastruktur di kawasan Geopark Ciletuh setelah adanya sertifikat dan mempromosikan tempat tersebut kepada publik.
“Walaupun kita promosikan justru geopark itu harus dibatasi, pengunjungnya harus diatur enggak boleh sembarangan supaya tidak rusak, kecuali ditempat-tempat seperti gunung, bebatuan dan hutannya enggak bisa sembarang seluruh orang masuk ke sana,” kata dia.
Oleh karena itu, lanjut dia, di kawasan tersebut dibentuk lembaga khusus oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan masyarakat sekitar untuk mengatur mekanisme di Geopark Ciletuh.
Lebih lanjut ia mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memperkenalkan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi ke dunia di forum Global Geoparks Network yang akan berlangsung di Osaka, Jepang, pada 15 September 2015.
“Kita sudah berketetapan tahun ini Ciletuh akan menjadi geopark secara nasional dulu. Dan pada 15 september mendatang kita akan ke Osaka, Jepang, untuk mempresentasikan Geopark Ciletuh ke seluruh dunia,” kata dia.

Sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s