Dirjen Pajak Jabar I Serahkan Penggelap Pajak ke Kejati

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar I menyerahkan seorang tersangka dalam kasus penggelapan pajak yang merugikan negara hingga miliar rupiah, kepada Kejaksaan Tinggi (Kejari) Jabar. Tersangka merupakan wajib pajak yang berlokasi di wilayah Bandung.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jabar, Bambang Bachtiar mengatakan, tersangka yang dilimpahkan oleh pihak Kanwil DJP Jabar I itu adalah Komisaris PT. NKC, RB. Keduanya diserahkan Kanwil DJP Jabar I untuk dilakukan penahanan.

“Hari ini kita terima pelimpahan kedua, tersangka dan barang bukti. Selanjutnya tersangka akan ditahan di Rutan Kebonwaru untuk 20 hari ke depan,” jelas Bambang kepada wartawan di Kantor Kejati Jabar, Jln. L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Kamis (26/11/2015).

Bambang menjelaskan, tersangka yang diserahkan Kanwil DJP Jabar I yaitu RB, komisaris PT. NKC. Penyidikan terhadap RB merupakan pengembangan dari tersangka NN yang merupakan Direktur PT. NKC. NN sendiri sudah divonis 2,5 tahun dan denda Rp 2,4 miliar.

Tersangka RB merupakan komisaris perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa tenaga kerja (outsourcing) dan jasa pelaksanaan kegiatan. Dalam tahun pajak 2005-2010, PT. NKC diduga sengaja tidak menyampaikan SPT Masa PPN dan menyampaikan SPT Masa PPN yang isinya
tidak benar.

“Negara dirugikan sekitar Rp 6,7 miliar akibat dari perbuatan tersangka ini,” lanjut Bambang.

Tersangka RB, lanjut Bambang, dijerat dengan dakwaan primer Pasal 39 ayat (1) huruf c UU No 28 tahun 2007 tentang tata cara perpajakan junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 junto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

Selain itu RB juga dijerat dengan dakwaan subsider Pasal 39 ayat (1) huruf d UU No 28 tahun 2007 tentang tata cara perpajakan junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 junto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s