Demiz: Usulan Nama Pahlawan Perlu Kajian

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta pengusulan nama pahlawan pada seorang pejuang perlu dilakukan kajian yang matang dan tidak boleh asal asalan. Sehingga hal tersebut tidak membiaskan ketokohannya.

“Banyak sekali pahlawan di nusantara ini  yang belum banyak orang kenal, tapi mereka punya kontribusi besar terhadap kemerdekaan republik ini. Untuk di Jawa barat saya belum tahu berapa orang,  tapi  pasti ada yang pantas. Hanya saja jangan sembarang mengusulkan, kalau memang layak ya diusulkan, kalau tidak layak jangan dipaksakan. Harus jujur juga penilaiannya,” jelas Deddy kepada wartawan usai melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan di gedung. Sate, Selasa (10/11/2015).

Dikatakannya, pada dasarnya setiap warga negara berhak menerima gelar kepahlawanan. Tetapi itu harus melalui prosedur yang sesuai dengan aturan.

“Setiap warga negara punya hak, mendapat gelar itu, selama sesuai dengan prosedur penilaian.  termasuk warga jawa barat. Siapapun, bagaimana mengumpulkan dokument tokoh tokoh yang juga bisa dipertanggung jawabkan,” katanya.

Deddy pun mengatakan, momentum hari pahlawan ini hendaknya dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan semangat juang untuk mendorong bangsa dan negara.

“Ini momentum dimana  kita butuh nilai nilai kejuangan, nilai keberanian kejujuran, tanpa pamrih, bagaimana kesetikawanan sosial terjalin,” katanya.

Menurutnya hal tersebut sangat penting mengingat, bangsa ini banyak  sekali tantangan yang harus dihadapi.

“Tantangannya sangat besar dan tidak kalah tantangannya dengan saat perjuangan dulu,  kalau dulu masalah perjuangan kemerdekaaan. Sekarang kedaulatan di berbagai hal. Tidak ada pilihan lain. Tantangannya ada disintergrasi, intoleransi umat beragama, tawuran, segala macam unsur perpecahan. Itu potensinya ada, termasuk memerangi koruptor,” katanya.

sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s