Bernapas Terlalu Cepat Membahayakan Kesehatan

Apakah Anda sering menarik napas dan menghembuskannya cepat-cepat? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bisa jadi cara Anda bernapas itu malah berbahaya bagi kesehatan Anda.

Dilansir dari Washington Post, merdeka.com melaporkan, Patrick McKeown direktur dari Buteyko Clinic International menyatakan bahwa masalah terbesar bagi kesehatan tubuh adalah bernapas terlalu banyak. Perilaku ini disebut dapat memicu kecemasan berlebih, asma, kelelahan, insomnia, masalah jantung dan bahkan obesitas.

Ketika menghembuskan napas, tubuh manusia mengeluarkan karbon dioksida. Proses bernapas yang terlalu banyak membuat tubuh kehilangan karbon dioksida lebih cepat dari yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Teori ini berdasar pada metode dari Konstantin Buteyko, seorang dokter dari Rusia yang menemukan salah satu cara menangani penyakit asma.

McKeown menyarankan agar orang tidak bernapas terlalu banyak dalam tempo yang cepat. Kegiatan yang disarankan agar bernapas dalam tempo yang tepat antara lain berlatih menahan napas lebih lama, menarik napas dalam-dalam, serta menutup mulut ketika tertidur di malam hari. Selain itu bernapas lebih pelan juga biasa digunakan untuk menenangkan pikiran dan sebagai relaksasi.

Maka mulai cobalah untuk bernapas pelan-pelan karena lebih sehat dan menenangkan.

sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s