Pemkot Bandung Pantau 600 Pohon Tua Rawan Tumbang

Pemkot Bandung Pantau 600 Pohon Tua Rawan TumbangDinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung menyatakan saat ini ada sekitar 600 pohon tua berusia puluhan tahun di Kota Bandung yang keberadaan terus dipantau oleh petugas.

“Sejak awal musim kemarau tahun ini, kami terus memantau keberadaan pohon tua di Kota Bandung, jumlahnya sendiri mencapai 600 pohon,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arief Prasetya, di Bandung, Kamis (8/10/2015).

Menurut dia, pemantauan yang dilakukan terhadap pohon tua tersebut ialah dengan cara menerjunkan petugas ke lokasi untuk memonitoring kondisi pohon tua tersebut.

“Seperti dikurangi bebannya si pohon tua tersebut kalau sudah berlebihan. Jadi kita potong atau kurangi jumlah cabangnya. Dan itu ada teknis khusus serta tidak dilakukan pada saat musim kemarau,” kata dia.

Ia menuturkan keberadaan pohon tua berusia puluhan tahun tersebut berada di kawasan yang masih rimbun dan kawasan heritage seperti Jalan LLRE Martadinata, Jalan Banda, Jalan Citarum, Jalan Ir H Djuanda.

“Adapun jenis dari pohon tua itu beragama seperti pohon mahoni, kenari, angsana dan lain-lain,” kata dia.

Keberadaan pohon tua tersebut, lanjut dia, harus diwaspadai terlebih saat memasuki musim hujan karena dikhawatirkan bisa tumbang.

ia mencontohkan, saat Kota Bandung diguyur hujan disertai angin kencang, Rabu (7/10) lalu, ada 32 lokasi pohon tumbang.

“Namun dari 32 lokasi tersebut hanya tiga lokasi yang pohon besar tumbang akibat akarnya tercabut hingga tidak kuat menahan bebas, yakni di Jalan Dago, Jalan Ganesha dan Jalan Hergarmanah,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar warga menghindari pohon besar atau berumur tua saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Begitu tahu hujan terus anginnya kencang, hindari parkir mobil di bawah pohon tua dan jangan berteduh di sana. Khawatir tumbang,” kata dia seperti dilansir antara.

sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s