Karang Taruna Kota Bandung Dilarang “Mengemis”

Karang Taruna Kota Bandung menghimbau kepada seluruh unit untuk tidak melakukan pungutan sumbangan di jalan. Hal ini, berkaitan penggalangan dana perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang mengganggu aktiftas di ruas jalan atau ruang publik sehingga dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Karang Taruna Kota Bandung melalui bidang Informasi dan Komunukasi, Septyani Hidayat dalam keterangannya kepada “galamedianews.com” di Bandung, Kamis (13/8/2015).

Menurut Septyani, pengurus Karang Taruna Kota Bandung telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh unit Karang Taruna di Kota Bandung untuk memenuhi arahan tersebut, dan kepada segenap masyarakat untuk turut mendukung aktivitas positif yang diupayakan oleh seluruh unit Karang Taruna di Kota Bandung.

Septyani menyatakan, kondisi yang harus dipahami masyarakat adalah budaya pungutan sumbangan tersebut sudah terjadi  menahun, meskipun tidak mudah merubahnya dalam waktu singkat.

“Posko-posko sumbangan tersebut bukanlah selalu berasal dari warga Karang Taruna, mengingat ada  pemuda RW dan kelompok pemuda atau masyarakat lainnya yang melakukan cara serupa,” kata Septyani.

Selain itu, lanjut Septani, total   Karang Taruna di 30 kecamatan, 151 kelurahan dan 1561 RW. Namun, hanya di beberapa titik masih terdapat pungutan sumbangan tersebut.

Pengurus Karang Taruna Kota Bandung menerbitkan Surat Edaran yang berisi definisi kegiatan posko sumbangan yang tidak dianjurkan untuk dibuat, yaitu: aktivitas dengan prinsip mengemis atau meminta-minta secara langsung, dan sejumlah aktivitas yang menggunakan ruas jalan atau ruang publik lainnya, seperti berjualan air mineral, bermusik (mengamen) dan lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan warga masyarakat.

“Surat Edaran ini disertai oleh infografik yang memuat beragam alternatif solusi untuk penggalangan dana atau  fundraising,” jelasnya.

Sedangkan surat edaran tersebut dilengkapi juga dengan informasi SMS Center pada nomor 0858 6314 1957. Fungsi SMS Center ini adalah sebagai saluran komunikasi  Karang Taruna untuk konsultasi.

Selain SMS Center, warga juga dapat menyampaikan informasi melalui email kontak@kartabdg.id dan kartaBDG@gmail.com, juga melalui media sosial Karang  Taruna Kota Bandung, yaitu Twitter @kartaBDG dan Facebook https://www.facebook.com/KARTA.bdg.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s