Baru Tahu Ada Mogok Dagang, Emil akan Pelajari Permasalahan Daging Sapi

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengaku baru mengetahui adanya aksi mogok pedagang daging sapi saat diminta tanggapannya soal persoalan tersebut oleh wartawan. Pria yang akrab disapa Emil ini pun akan memahami permasalahannya terlebih dahulu,  sebelum akhirnya melakukan langkah-langkah atas aksi ini.

“Kalau ada problem pasti saya turun tangan, tapi saya baru tahu dari wartawan,” ujar Emil saat pisah sambut dan launching logo PD Kebersihan Kota Bandung, Sabtu (8/8/2015).

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Kota Bandung, Rinal Siswadi mengungkapkan, ada 184 pedagang daging sapi yang menempati 200 kios yang tersebar di seluruh pasar di Kota Bandung. Para  pedagang ini, diakui Rinal mulai siang hari ini ikut serta dalam aksi mogok tersebut.

“Rata-Rata mereka menghargai himbauan Apdasi (asosiasi pedagang sapi Indonesia) untuk ikut berpartisipasi dengan tidak berjualan pada Sabtu (8/8/2015) siang tadi.

Namun PD Pasar sudah meminta agar para pedagang mempertimbangkan kembali di hari kedua atau ketiga untuk berjualan dan berkomunikasi dengan Apdasi soal ini.

Untuk daging sapi ini, kata Rinal, berdasarkan hasil pantau di pasar-pasar  tradisional di Kota Bandung yang dikelola PD Pasar dari sisi pasokan mulai  menjelang Ramadan dan pascalebaran ini ada. Namun, diakuinya harga daging ini  cukup mahal berkisar Rp 120.000/kg hingga Rp 150.000/kg, dan hingga kinii belum mengalami penurunan.

“Harga memang belum turun hingga kini, rata-rata Rp 120.000 hingga Rp 150.000 per kilogram. Untuk harga Rp 150.000 ini, daging dengan kualitas yang bagus,’ tuturnya

Terkait aksi ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait yakni Dinas Perundustrian dan Perdagangan Provinsi dan Kota serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung. Aki ini dilakukan Apdasi untuk meminta perhatian pemerintah pusat karena harga daging sapi yang cukup tinggi akibat pembatasan daging impor.

“Mudah-mudahan sih enggak lama, besok (hari ini, red) kita lihat perkembangan dan pantau keresahan, apakah dengan ketidakaktifan pedagang di hari pertama berdampak cukup signifikan,” tuturnya.

sumber:galanews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s