BMKG Bandung: Kemarau Panjang Diprediksi Hingga Akhir Tahun

Diibaratkan seperti oase di gurun pasir.  Belakangan Indonesia hampir tidak pernah dibasahi oleh guyuran hujan. Pasalnya, musim kemarau tahun ini diikuti oleh fenomena Elnino. Yang menyebankan seluruh daerah dipelosok negeri nyaris mengalami kekeringan. Akhirnya, pada sore kemarin sejumlah daerah di Jawa Barat kembali diguyur hujan.

Menyikapi kondisi tersebut, Kepala Badan Meteorologi Klimitologi Geofisika (BMKG) Bandung, Rifwar Kamin mengaku, menyambut baik hujan yang akhirnya turun ini. Namun, menurutnya, hujan kali ini hanya bersifat lokal saja.

“Pertama kita menyebut alhamdulillah dulu, hujan yang begitu lama ditunggu-tunggu akhirnya dateng juga. Tapi sifatnya lokal, dan belum menyeluruh,” ungkap Rifwar saat dihubungi, Jumat (31/7/2015).

Dijelaskannya, kemarau panjang yang saat ini sedang melanda Indonesia memang diprediksi akan terjadi hingga akhir tahun ini. Sehingga, hujan yang terjadi hanya bersifat sporadis.

“Kalo dikaitkan dengan prakiraan yang jelas kita saat ini sedang menjalani musim kemarau berkepanjangan. Kalo pun ada hujan, itu sifatnya hanya sporadis dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan secara nasional,” jelasnya.

Menurutnya, fenomena El Nino yang terjadi saat ini masih tergolong ‘midlle’. Namun, tetap cukup berpengaruh besar terhadap terjadinya hujan. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan air.

“Jadi himbaun dari BMKG menghadapi musim kemarau seperti ini, kita menganjurkan kepada warga untuk berhemat dalam menggunakan air bersih. Kemudian untuk menjaga kesehatan ya banyak-banyak minum air putih,” ujarnya.

Berdasarkan laporan yang dihimpun BMKG Bandung, pada hari ini terdapat sejumlah daerah di Jawa Barat yang mengalami turunnya hujan. diantaranya seperti Bandung, Bogor, Sukabumi, Cibinong, dan Depok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s