Sekitar 10.000 Koperasi di Jabar Tidak Aktif

Sekitar 10.000 koperasi di Jawa Barat tidak aktif. Dikhawatirkan, koperasi yang tidak aktrif tersebut nantinya hanya tinggal papan nama.

Kepala Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Barat Mustofa Jamaluddin meminta pemerintah untuk menertibkan koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut.

Menurutnya, banyaknya koperasi yang kurang sehat ini membuat share koperasi terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto menjadi rendah.

“Share pendapatannya hanya 0,8% per tahun, nilainya masih di bawah Rp 1 trilun. Kami menargetkan peningkatkan minimal satu persen per tahun,” katanya di Gedung Sate, Senin (27/7/2015).

Ia menyebut jumlah koperasi di Jabar mencapai 25.646 unit. Namun hampir setengahnya dalam keadaan kurang sehat karena tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Oleh karenanya ia meminta pemerintah agar menertibkan koperasi papan nama ini. Pasalnya, ada kemungkinan pembentukan koperasi tersebut tidak didasarkan kebutuhan.

“Makanya kita ingin adakan penertiban, artinya dilakukan pendataan kembali secara bertahap. Barangkali kesadaran anggota dan pembentukannya tidak berdasarkan kebutuhan,” katanya.

sumber : tribunjabar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s